Minggu, 07 November 2010

Abstrak: Sifat, Fungsi, dan Manfaat Sastra

Nama : Ana Monica Rufisa
NIM   : 108013000022

Sifat, Fungsi dan Manfaat Sastra

Hingga saat ini, belum bisa dibedakan fungsi sastra dan sifat sastra. Seperti kejadian di masa lampau dimana sastra,  filsafat, dan agama tidak bisa dibedakan secara gamblang.  Penyair dan cerpenis, Edgar Allan Poe mengatakan bahwa sastra berfungsi untuk menghibur, sekaligus memberikan, dan mengajarkan sesuatu.

            Fungsi sastra harus sesuai dengan sifatnya yakni menyenangkan dan bermanfaat. Kesenengan yang tentunya berbeda dengan kesenangan yang disuguhkan oleh karya seni lainnya. Kesenangan yang lebih tinggi, yang tidak mencari keuntungan dan juga memberikan manfaat keseriusan. Keseriusan yang menyenangkan, maksudnya karya sastra tidak hanya memberikan hiburan kepada pembaca tetapi juga tidak melupakan keseriusan penulisnya.

Selain menampilkan unsur keindahan, hiburan, dan keseriusan, karya sastra juga cenderung memiliki unsur pengetahuan, contohnya puisi; keseriusan puisi terletak pada segi pengetahuan yang disampaikannya. Jadi, puisi dianggap sebagai pengetahuan, seperti yang dikatakan oleh filosof terkenal, Aristoteles, bahwa puisi lebih filosofis dari sejarah karena sejarah berkaitan dengan hal-hal yang terjadi, sedangkan puisi berkaitan dengan hal-hal yang bisa terjadi, yaitu hal-hal yang umum dan mungkin. Lain lagi dengan novel, para novelis dapat mengajarkan lebih banyak tentang sifat-sifat manusia daripada psikolog. Sehingga ada yang berpendapat bahwa novel bisa dijadikan inspirasi, pencarian solusi, penyegaran otak, atau menjadi kasus sejarah yang dapat memberikan ilustrasi dan contoh.

Salah satu manfaat sastra adalah untuk menyampaikan pesan emosi, maksudnya membebaskan pembaca dan penulisnya dari tekanan emosi. Mengekspresikan emosi berarti melepaskan diri dari emosi itu. Namun hal itu masih dipertanyakan karena banyak novel yang ditulis atas dasar curahan emosi yang menekan penulisnya.

Jadi, sifat, fungsi, dan manfaat sastra sebenarnya adalah tergantung dari si pembaca itu sendiri. Apakah si pembaca mendapatkan pengetahuan, hiburan, nilai kebenaran, kenikmatan, kegunaan, nilai psikologis, dan lain sebagainya.

1 komentar:

  1. bagaimana saya menerangkan suatu rumusan masalah,manfaat dan tujuan novel mohon penjelasannya gan terimakasih

    BalasHapus